Understanding Business

1. Salah satu hal yang menyebabkan tidak tercetaknya free cash adalah ketidakmampuan pengusaha dalam memahami bahasa bisnis, terutama tentang angka-angka yang bekerja didalam bisnis.

2. Setidaknya ada tiga pengukuran keuangan yang harus dimiliki oleh pebisnis : berat bisnis yang ditunjukkan dengan neraca, menang atau tidaknya bisnis yang ditunjukkan dengan rugi-laba, dan bahan bakar gerak bisnis yang ditunjukkan dengan arus kas.

3. Bisnis adalah sebuah pengambilan keputusan, dan keputusan yang baik adalah keputusan yang diambil dari pembacaan laporan keuangan.

4. Yang sering ditakutkan, pembelajaran tentang angka-angka adalah sesuatu yang rumit untuk difahami dan menjemukan.

5. Dua bentuk permodalan yang dapat dilakukan didalam bisnis adalah dengan HUTANG (debt) atau KERJASAMA keikutsertaan modal (equity). Jika untuk berhutang hanya cukup untuk menunjukkan kemampuan hasil bisnis dalam menghasilkan dan jaminan, maka proses kerjasama modal membutuhkan kemampuan perhitungan rugi-laba yang presisi dalam proses pembagian deviden.

6. Seorang Investor yang benar, biasanya membutuhkan rekam keuangan yang benar dan akuntabel. Salah satu sebab mengapa investor enggan hadir kedalam bisnis Anda adalah ketiadaan rekam jejak keuangan yang dapat dibaca dengan baik.

7. Jika Anda memutuskan untuk menjadi pemodal, alangkah baiknya Anda memahami bagaimana sebuah deviden tercetak dari sebuah bisnis.

8. Seorang pebisnis biasanya gagal mentransformasi bisnis modelnya kedalam keputusan keuangan. Akibatnya, terjadi GAP antara konsep bisnis yang dipancang, dengan apa yang terjadi didalam laporan keuangan.

10. Workshop mengenai keuangan, biasanya menarik perhatian pebisnis dan pemodal. Ikut serta didalam Workshop UBL berarti membangun jejaring antar pebisnis dan pemodal.

13. Perselisihan bisnis biasanya terjadi karena perbedaan penafsiran dalam kejadian-kejadian bisnis yang terjadi. Workshop UBL membantu Anda dan mitra bisnis Anda menuju pemahaman bahasa yang sama.

Rendy Saputra
Pengajar UBL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *